12+(1) Keyword Research Tools Gratis untuk Mengoptimalkan SEO

free keyword research tools gratis

Sangat penting untuk diperhatikan bahwa SEO yang efektif bagi situs web, salah satu kuncinya adalah artikel unik. Visibilitas situs web di Halaman Hasil Mesin Pencari (Search Engine Result Pages/SERP) dapat secara signifikan meningkatkan dengan konten yang menarik dan informatif yang disertai kata kunci (keyword) yang tepat. Lantas bagaimana mendapatkan keyword potensial?, berbagai alat riset kata kunci (keyword research tools) banyak tersedia, kita dapat memanfaatkannya baik yang gratis maupun berbayar.

Pemahaman Riset Kata Kunci (Keyword Research) serta Perannya dalam SEO

Keyword Research adalah proses penting dalam strategi SEO. Ini melibatkan identifikasi kata kunci yang relevan untuk konten Anda melalui penelitian yang cermat. Dengan memilih keyword yang tepat, Anda dapat menarik traffic organik yang sesuai dengan target pasar Anda.

Baca juga:  Update Google Helpful Content System: Apa yang Berubah di September 2023?

Langkah ini penting bagi semua praktisi SEO sebelum mulai menghasilkan konten di situs web. Ketika Anda memiliki keyword yang relevan, menjadi lebih mudah untuk membuat konten yang disesuaikan dengan mereka. Keyword Research membantu Anda memahami perilaku pencarian pengguna dan meningkatkan peluang konten Anda muncul di hasil pencarian yang relevan.

Berikut Daftar Keyword Research Tools yang dapat Digunakan untuk Optimalkan SEO

Berikut adalah beberapa keyword research tools populer yang dapat membantu Anda dalam menjalankan riset kata kunci secara efektif dan efisien. Dari alat bawaan Google hingga platform berlangganan, ada banyak pilihan yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

semdm keyword research tools

1. SEMrush: Sumber Informasi Komprehensif tentang Kata Kunci

SEMrush menawarkan wawasan tentang kata kunci yang relevan dan analisis mendalam tentang situs web pesaing. Ini memberikan informasi yang sangat berguna untuk merancang strategi SEO yang efektif dan mengatasi pesaing di pasar online.

semm keyword research tools

2. Google Keyword Planner: Keyword Research Tools Gratis dari Google

Google Keyword Planner adalah alat yang disediakan oleh Google dan dapat diakses melalui akun Google Ads. Selain menyediakan informasi tentang volume pencarian, tingkat kesulitan kata kunci, dan perkiraan peningkatan lalu lintas organik, Google Keyword Planner juga memberi tahu Anda berapa biaya yang mungkin diperlukan untuk beriklan menggunakan kata kunci tertentu.

 uberr keyword research tools

3. Ubersuggest: Keyword Research Tools dari Neil Patel

Ubersuggest, yang dimiliki oleh praktisi SEO terkenal Neil Patel, juga merupakan pilihan yang hebat untuk riset kata kunci. Alat ini memberikan berbagai informasi penting, seperti tren kata kunci, volume pencarian, dan kesulitan SEO. Dengan memanfaatkan alat ini, Anda dapat menemukan kata kunci yang dapat menarik lalu lintas organik yang relevan dengan bisnis Anda.

Baca juga:  Seberapa Ngaruh? Blog PBN dalam Strategi Pembangunan Tautan

tren keyword research tools

4. Google Trends: Memahami Tren Pencarian Saat Ini

Google Trends membantu Anda memahami tren pencarian saat ini dan bagaimana minat pengguna terhadap topik tertentu berubah seiring waktu. Ini dapat membantu Anda mengarahkan upaya pemasaran dan produksi konten Anda ke arah yang paling relevan dengan minat pasar saat ini.

GSC keyword research tools

5. Google Search Console: Menemukan Kata Kunci Potensial

Selain memantau kinerja situs web, Google Search Console juga dapat memberi Anda wawasan tentang kata kunci yang potensial dan bagaimana pengguna menemukan situs web Anda. Dengan informasi ini, Anda dapat menyesuaikan strategi SEO Anda untuk memaksimalkan lalu lintas organik.

free keyword research tools

6. Ahrefs Keyword Generator: Alat Riset Kata Kunci Gratis dari Ahrefs

Ahrefs menawarkan alat riset kata kunci gratis, Ahrefs Keyword Generator, yang menyediakan volume pencarian, kesulitan kata kunci, dan data pembaruan terakhir. Meskipun tidak menawarkan fitur lengkap seperti versi berbayar, sudah cukup bagi pemula dengan antarmuka yang ramah pengguna.

MOZ keyword research tools

7. Moz Keyword Explorer: Menyediakan Informasi tentang Volume Pencarian

Moz Keyword Explorer adalah alat lain yang berguna untuk memperoleh wawasan tentang volume pencarian dan kesulitan kata kunci. Meskipun versi gratis memiliki batasan jumlah pencarian, ini masih berguna untuk riset kata kunci awal.

ask keyword research tools

8. AnswerThePublic: Membantu Riset Kata Kunci dan Ide Konten

AnswerThePublic membantu riset kata kunci dan ide topik konten. Ini menyajikan berbagai saran kata kunci dan topik konten yang dapat digunakan untuk konten situs web. Meskipun versi gratis memiliki batasan, itu masih dapat memberikan wawasan berharga untuk pembuatan konten.

keyyys keyword research tools

9. GetKeywords: Memperoleh Data Kata Kunci secara Real-Time

GetKeywords menyediakan data kata kunci secara real-time dan memungkinkan penyaringan berdasarkan lokasi, menjadikannya sumber berharga untuk SEO lokal. Meskipun beberapa fitur canggih tersedia di versi berbayar, versi gratis masih menawarkan wawasan berharga.

Baca juga:  Optimalkan Kinerja Situs Web Anda dengan CDN (Content Delivery Network)

ques keyword research tools

10. QuestionDB: Membantu Mengidentifikasi Pertanyaan Umum Pengguna

QuestionDB membantu mengidentifikasi pertanyaan umum yang diajukan pengguna terkait kata kunci tertentu, membantu menyesuaikan konten berdasarkan niat pencarian. Ini menawarkan berbagai ide konten berdasarkan pertanyaan pengguna, menjadikannya sumber yang berharga untuk memahami niat pencarian.

suffer keyword research tools

11. Keyword Surfer: Memberikan Saran Kata Kunci Langsung di SERP

Keyword Surfer adalah alat riset kata kunci yang disajikan sebagai Ekstensi Google Chrome. Dengan alat ini, Anda dapat langsung melihat saran kata kunci saat Anda menjelajahi Halaman Hasil Mesin Pencari (SERP). Ini memberikan informasi yang berguna tentang estimasi lalu lintas bulanan dan jumlah kata di halaman, memudahkan Anda untuk memahami potensi kata kunci yang relevan.

evry keyword research tools

12. Keywords Everywhere: Menyajikan Data dari Berbagai Sumber Riset Kata Kunci

Keywords Everywhere adalah add-on premium untuk Chrome, Edge dan Firefox . Alat ini mengumpulkan data dari berbagai sumber riset kata kunci populer dan menyajikan informasi yang berguna tentang metrik kata kunci. Meskipun versi gratis memiliki batasan, itu masih dapat memberikan wawasan berharga tentang tren kata kunci.

also keyword research tools

13. AlsoAsked: Mengidentifikasi Pertanyaan Umum dari Pengguna

AlsoAsked menggunakan data dari bagian “People Also Ask” di Halaman Hasil Mesin Pencari (SERP) untuk mengidentifikasi pertanyaan umum yang sering diajukan oleh pengguna terkait dengan kata kunci tertentu. Alat ini membantu memahami kebutuhan pengguna yang lebih baik, memungkinkan Anda untuk menyusun konten yang lebih sesuai dengan niat pencarian mereka.

Mengoptimalkan Penggunaan Keyword Research Tools untuk Meningkatkan Bisnis Anda

Dengan memanfaatkan berbagai alat Keyword Research Tools yang telah disebutkan di atas, Anda dapat memperoleh wawasan yang mendalam tentang perilaku pencarian pengguna dan tren yang relevan dengan bisnis Anda. Dengan pemahaman yang baik tentang kata kunci yang paling relevan, Anda dapat mengoptimalkan strategi SEO Anda untuk meningkatkan peringkat situs web Anda di SERP dan menarik traffic organik yang lebih besar.

Saat mengintegrasikan Keyword Research Tools yang efektif ke dalam strategi SEO Anda, Anda dapat mengarahkan upaya pemasaran dan produksi konten Anda dengan lebih efisien, meningkatkan peluang untuk menjangkau audiens yang tepat pada waktu yang tepat. Dengan menggunakan alat yang tepat dan memahami bagaimana menerapkan data Keyword Research Tools ke dalam konten Anda, Anda dapat mengambil langkah yang lebih besar dalam membangun kehadiran online yang kuat dan berkelanjutan untuk bisnis Anda.

Posted in SEO