Pulihkan Traffic SEO Merosot Dampak Update Algoritma Google

Traffic SEO

Dunia digital kembali dihebohkan dengan perubahan besar pada algoritma pencarian Google. Bagi pemilik situs web dan blog, perubahan ini dapat berdampak pada penurunan atau peningkatan drastis dalam traffic SEO. Beberapa dari Anda mungkin telah mengalami traffic anjlok yang signifikan dalam sebulan terakhir, seperti yang terlihat dalam data Google Search Console (GSC) yang menunjukkan pola penurunan serupa.

Penurunan dan Peningkatan Traffic SEO

Analisis menunjukkan bahwa sejak pertengahan September, beberapa situs web mengalami penurunan yang tajam, yang kemudian semakin memburuk pada awal Oktober. Hal ini kemungkinan terjadi akibat dari dampak negatif dari perubahan terbaru pada algoritma pencarian Google.

Namun, di sisi lain, kami juga menemukan bahwa beberapa situs web justru mengalami peningkatan yang signifikan dalam traffic SEO mereka. Bagi mereka yang mengalami penurunan, penting untuk memperhatikan pelajaran berharga dari situs-situs yang berhasil mengatasi perubahan ini.

Dari analisis yang kami lakukan terhadap sejumlah situs web yang terdampak oleh perubahan algoritma Google dalam sebulan terakhir, kami berhasil mengidentifikasi beberapa pola dan wawasan penting yang ingin kami bagikan melalui artikel ini.

Pertanyaan kunci yang muncul adalah, apa kesamaan antara situs-situs web yang traffic SEO-nya justru meningkat setelah perubahan algoritma Google? Apa penyebab utama dari penurunan traffic pada sebagian besar situs web?

Tidak kalah penting, bagaimana seharusnya langkah-langkah yang tepat dilakukan untuk mengembalikan traffic SEO yang telah merosot?

Kami akan mengulas secara mendalam pertanyaan-pertanyaan tersebut dan memberikan panduan praktis tentang bagaimana memulihkan traffic SEO yang telah menurun. Mari kita simak informasi selengkapnya.

Baca juga:  Off-Page SEO: Rahasia Meningkatkan Visibilitas Website Anda

Perubahan Algoritma Google dalam Sebulan Terakhir

Rilis Tiga Update Algoritma dengan Dampak Signifikan

  • Update pertama, yaitu Helpful Content System,” diterapkan pada tanggal 14 September. Update ini secara khusus menyasar situs web yang hanya fokus pada pembuatan “artikel SEO” semata-mata hanya tujuan peringkat, tanpa memberikan manfaat yang berarti bagi pembaca.
  • Update kedua, yang disebut “Spam Update,” dirilis pada tanggal 4 Oktober. Update ini ditujukan untuk menangani situs web yang terlibat dalam praktik spam yang melanggar panduan spam dari Google. Secara menarik, Indonesia disebut secara khusus, mungkin disebabkan oleh adanya praktik spam yang cukup luas di negara ini.
  • Update ketiga,Core Update,” dirilis hanya sehari setelahnya, pada tanggal 5 Oktober. Algoritma inti dari Google Search ini mengevaluasi kualitas keseluruhan situs web, termasuk faktor E-A-T, kebermanfaatan konten, pengalaman pengguna, dan lainnya.

Dampak dari perubahan ini dirasakan secara luas di kalangan pelaku industri SEO di Indonesia. Mengutip hasil polling di Instagram DailySEO ID, sekitar 37% responden melaporkan penurunan lalu lintas, 32% mengaku tidak mengalami perubahan signifikan, dan yang menarik, 14% justru melihat peningkatan dalam lalu lintas mereka.

Ada beberapa situs web yang berhasil mengatasi perubahan algoritma dan bahkan berhasil meningkatkan lalu lintas mereka. Beberapa di antaranya adalah tivipedia.com, dan momopururu.com, serta situs-situs perusahaan seperti siloamhospitals.com, dan sribu.com. Namun, ada juga situs-situs yang mengalami penurunan lalu lintas yang signifikan, namun data spesifiknya belum dapat kami ungkapkan di sini.

Dalam artikel ini, kami akan mengungkap lebih lanjut pola-pola yang membuat sejumlah situs mampu beradaptasi dengan perubahan algoritma Google, dan memberikan panduan praktis untuk memulihkan trafiic SEO yang telah menurun. Kami juga akan memberikan gambaran terkait data Ahrefs yang menunjukkan penurunan lalu lintas pada beberapa situs web. Tetaplah bersama kami untuk memahami lebih lanjut mengenai topik ini.

Baca juga:  Panduan Memilih CMS yang Ramah SEO: Langkah-Langkah Mudah untuk Sukses Online

Strategi Meningkatkan Traffic Pasca Update Algoritma Google

Seiring dengan hadirnya update algoritma Google yang semakin kompleks. Tiga update algoritma google secara signifikan mempengaruhi banyak situs web dan blog. Salah satu perubahan yang paling mencolok adalah penurunan traffic SEO sebesar 50-90% pada sebagian besar situs yang terkena dampak.

Namun, dari pembelajaran yang berharga ini, kita dapat mengidentifikasi beberapa strategi penting yang dapat membantu kita bertahan dan bahkan tumbuh dalam lingkungan yang selalu berubah ini.

  • Fokus pada Tema Konten yang Spesifik Saat ini, Google lebih memprioritaskan otoritas konten berdasarkan topiknya. Situs web dengan fokus yang jelas pada topik tertentu cenderung lebih berhasil. Membangun otoritas dalam suatu topik akan mempermudah peringkat dan mendapatkan traffic terkait dengan topik tersebut.
  • Membangun Nama Brand yang Relevan Membangun kepercayaan dari pengguna dan mesin pencari memerlukan brand yang kuat dan konsisten. Pilih nama domain yang relevan dengan topik situs web Anda dan pastikan untuk membangun brand yang dapat diandalkan dan mudah diingat.
  • Transparansi dengan Halaman “Tentang Kami”, menyajikan halaman “Tentang Kami” yang informatif dan transparan membantu membangun kepercayaan pengguna. Ungkapkan siapa pemilik situs web dan tim penulisnya serta keahlian yang mereka miliki, sehingga pengguna merasa yakin dan nyaman dengan konten yang disajikan.
  • Tampilan Profesional dan User-Friendly, pastikan tampilan situs web Anda terlihat profesional dan mudah dinavigasi. Hindari penggunaan template yang terlihat tidak profesional atau iklan yang mengganggu pengalaman pengguna.
  • Konten yang Unik dan Bermanfaat, konten yang unik dan memberikan nilai tambah yang tidak ditemukan di tempat lain menjadi kunci. Hindari mengejar kata kunci dengan volume pencarian tinggi tanpa mempertimbangkan relevansi dengan brand Anda.
  • Berorientasi pada Kualitas Jangka Panjang, Perhatikan bahwa membangun situs web dan konten yang berkualitas adalah perjalanan jangka panjang. Lebih baik membangun brand yang solid secara konsisten daripada mencari solusi instan yang berujung pada kegagalan.
Baca juga:  Pentingnya HTTPS untuk SEO: Keamanan Situs dan Peringkat yang Melesat

Menghadapi penurunan traffic SEO karena perubahan algoritma bukanlah hal yang mudah. Namun, dengan pendekatan yang tepat, perbaikan dapat dicapai. Periksa kembali konten Anda, perkuat brand Anda, dan jangan lupakan pentingnya fokus pada kualitas dan relevansi. Ingatlah, kesabaran dan ketekunan adalah kunci dalam menghadapi perubahan yang terjadi dalam dunia SEO. Selamat berkarya!

Posted in SEO