Update Google Helpful Content System: Apa yang Berubah di September 2023?

Helpful Content System

Belum lama ini Google melakukan update (pembaruan) Helpful Content System, yang telah menarik perhatian dari berbagai pihak. Pembaruan yang dimulai pada tanggal 14 September 2023 ini, kemungkinan akan berlangsung selama dua pekan ke depan, menandai langkah signifikan bagi perbaikan dan peningkatan sistem Google yang sering digunakan.

Pada pembaruan Helpful Content System September 2023, Google menjelaskan bahwa mereka sedang fokus pada peningkatan classifier (alat pemisah). Hal ini menandakan bahwa mereka berupaya untuk memperbaiki dan meningkatkan algoritme yang digunakan untuk mengklasifikasikan dan memilah-milah konten yang bermanfaat bagi pengguna. Di samping itu, Google juga meluncurkan panduan baru terkait hosting konten pihak ketiga, yang memberikan panduan mendetail tentang bagaimana penggunaan konten pihak ketiga harus dikelola dan diintegrasikan secara efisien.

Perubahan penting yang patut diperhatikan dari pembaruan ini adalah penggantian frasa “written by people” dengan “helpful content created for people” dalam hasil pencarian. Langkah ini dilakukan untuk menekankan pentingnya konten yang disajikan kepada pengguna, yang seharusnya memberikan manfaat dan nilai tambah yang signifikan bagi pengalaman mereka. Dengan demikian, Google berupaya untuk menghilangkan konten yang hanya berorientasi pada peringkat di mesin pencari tanpa mempertimbangkan relevansi dan kualitas bagi pengguna.

Sebelum pengumuman resmi pada bulan September ini, sebenarnya Google telah memberikan isyarat akan adanya update pada Helpful Content System sejak bulan Mei tahun ini. Pemberitahuan tersebut memberikan gambaran awal bagi para pembuat konten tentang rencana dan arah yang akan diambil oleh Google dalam mengelola konten di platform mereka. Hal ini juga memberikan kesempatan bagi mereka untuk mempersiapkan konten mereka agar sesuai dengan persyaratan yang diharapkan.

Baca juga:  Optimalkan Kinerja Situs Web Anda dengan CDN (Content Delivery Network)

Google menyarankan agar para pembuat konten segera memeriksa kesesuaian konten mereka dengan pembaruan yang dilakukan. Jika konten tidak memenuhi standar yang diharapkan, maka disarankan untuk melakukan penyesuaian atau perbaikan secepat mungkin. Namun, perlu dicatat bahwa proses pemulihan performa konten yang terdampak kemungkinan akan memerlukan waktu yang cukup lama, tergantung pada tingkat perubahan yang diperlukan.

Pembaruan ini bertujuan untuk menekankan pentingnya konten yang benar-benar memberikan manfaat bagi pengguna, bukan hanya untuk meraih peringkat tinggi di mesin pencarian. Google berupaya untuk mendorong terciptanya konten berkualitas tinggi yang benar-benar bermanfaat bagi audiens, sambil memberikan peringatan kepada konten yang hanya dibuat semata-mata untuk meraih peringkat tanpa mempertimbangkan kebutuhan pengguna.

Dengan pembaruan ini, Google ingin menciptakan pengalaman pencarian yang lebih baik bagi pengguna, di mana konten yang ditampilkan secara konsisten dapat memberikan manfaat yang nyata dan relevan bagi mereka. Dengan demikian, pembaruan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas konten yang tersedia di platform Google, sehingga pengalaman pengguna dapat lebih memuaskan dan bermanfaat.

Dalam menghadapi pembaruan ini, para pembuat konten dihimbau untuk terus memperhatikan pedoman yang diberikan oleh Google, serta mengoptimalkan konten mereka agar tetap relevan dan bermanfaat bagi pengguna. Dengan demikian, mereka dapat menjaga kualitas konten mereka dan tetap sesuai dengan perkembangan yang terjadi di platform Google. Dengan penyesuaian yang tepat, diharapkan konten-konten tersebut dapat terus memenuhi standar kualitas yang diharapkan oleh Google dan pengguna.

Secara keseluruhan, pembaruan Helpful Content System yang dilakukan oleh Google menunjukkan komitmen perusahaan dalam memastikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan kualitas konten yang lebih unggul. Dengan fokus pada peningkatan classifier dan penekanan pada konten yang bermanfaat bagi pengguna, Google mengindikasikan kepeduliannya terhadap kualitas konten yang ditampilkan di platformnya. Langkah-langkah yang diperkenalkan, termasuk penghapusan frasa “written by people” dan pengenalan panduan hosting konten pihak ketiga, mencerminkan dorongan Google terhadap adopsi konten yang bermanfaat dan dapat dipercaya. Meskipun proses penyesuaian konten mungkin memerlukan waktu yang cukup lama, penting bagi para pembuat konten untuk merespons perubahan ini dengan cepat dan memastikan bahwa konten mereka memenuhi standar yang ditetapkan oleh Google. Dengan demikian, pembaruan ini dapat memajukan kualitas konten secara keseluruhan dan memastikan pengalaman pencarian yang lebih memuaskan bagi pengguna di seluruh dunia.

Baca juga:  Rahasia Sukses Konten Writer, Blogger, hingga Digital Marketer dengan Menguasai SEO
Posted in SEO